TEMUKAN INFORMASI MENARIK DI SINI : SOAL ON LINE LATIHAN UJIAN NASIONAL 2011/2012, ada juga PRESENTASI MATERI SMA/MA, SILABUS & RPP FISIKA, Paket LATIHAN SOAL UN, Artikel, TV ON LINE, dan lain-lain. TERIMA KASIH atas kunjungannya, salam kenal dari INDAKA

Kamis, 03 Oktober 2013

NUPTK DI KEMENTERIAN AGAMA

(gambar : VerVal NUPTK, http://padamu.siap.web.id/ )
Rizky-catatanku.---Sudah terjawab untuk permasalahan NUPTK yang dimiliki pendidik dan tenaga kependidikan di bawah naungan Kementerian Agama yakni di madrasah- madrasah. Mulai dari madarasah ibtidaiyah sampai dengan aliyah banyak pertanyaan yang terus berdatangan. 

Dan menurut sumber dari balai diklat keagamaan Semarang pada kegiatan pendidikan dan latihan 19 September sampai 2 Oktober 2013 yang disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Semarang bahwa di bulan Agustus 2013 telah ada MoU antara Kemendiknas dengan Kemenag tentang NUPTK. Setelah penulis membaca informasi dari http://padamu.siap.web.id/ untuk PTK yang berada di bawah naungan Kemenag Verifikasi dan Validasi (VerVal) dilakukan berakhir sampai dengan tanggal 31 Oktober 2013 (baca kebijakan layanan transaksi website padamu.siap.web.id pada point ke-5).


Dan awal Oktober 2013 khusus di MAN Pemalang oleh tim admin sekolah PADAMU telah memproses data VerVal NUPTK sampai saat hari Kamis 3 Oktober 2013 sebagian personal PTK sudah mulai memiliki akun masing- masing PTK. Tetapi, perlu beberapa langkah mulai dari mendapat VerVal 01 sampai dengan langkah akhir sehingga NUPTK bersifat AKTIF PERMANEN.

Setelah akun sekolah atau madrasah telah diaktifkan oleh admin sekolah, maka mulai pencetakan form VerVal 01. Dan di dalam form tersebut mengisi data diri diantaranya seperti nama ibu kandung sampai dengan menempel foto terbaru ukuran 4X6 disertai dengan tanda tangan yang bersangkutan dan juga diketahui oleh Kepala Sekolah/Instansi.

Data tersebut diserahkan kepada admin sekolah/madrasah untuk segera di input (dimasukkan) secara on line oleh petugas admin sekolah. Setelah in put data tersebut, maka petugas admin sekolah akan mencetak hasilnya dalam bentuk form surat resmi bernomor kode khusus disertai nomor NUPTK dan Kode Aktivasi. Surat resmi berkode tersebut selanjutnya diserahkan kepada personal PTK untuk segera diaktifkan (untuk di MAN Pemalang dilakukan secara rombongan/ dilakukan oleh petugas admin sekolah).

Apabila proses data oleh admin sekolah telah dilakukan maka Anda memiliki akun sendiri seperti gambar  1 dan gambar 2 ,berikut :
Gambar 1.
Gambar 2.
Kemudian untuk langkah berikutnya dapat Anda Log in ke Log in PTK dengan memasukkan nomor NUPTK Anda dan masukkan password yang diberi oleh admin sekolah/petugas admin sekolah. Selanjutnya setelah Petugas admin sekolah mengisi Langkah VerVal.Lv.1,  Anda dapat mengisi langkah ke-dua yakni mengisi Langkah (2) Mengisi Angket EDS atau (dapat diserahkan ke admin sekolah jika ingin lebih mudah). 
Tampilan langkah-langkahnya seperti gambar 3 dibawah ini :
Gambar 3.

Langkah Angket EDS ini berupa pertanyaan-pertanyaan sebanyak 57 butir pertanyaan yang berkaitan dengan pendapat personal seperti gambar 4, dan gambar 5 di bawah ini :
Gambar 4.
Gambar 5.
Jangan lupa tiap personal PTK mengumpulkan data isian form beserta kelengkapannya seperti ; 

KK (Kartu Keluarga), fotocopy Ijazah SD dan fotocopy Ijazah Terakhir/S1 (lampiran form A03) dan

fotocopy ijazah SD, SMP, SMA, S.K CPNS, S.K PNS awal, S.K PNS akhir, S.K Perintah Tugas sebagai Guru, S.K Mengajar 5 tahun terakhir, fotocopy Sertifikat Profesi Guru (lampiran form S03a)  yang dimiliki, untuk diserahkan kepada admin Sekolah. 

Dan form yang diserahkan kepada admin Kemenag atau Kemendiknas Kabupaten setelah menyelesaikan Langkah demi langkah proses VerVal adalah form S07a dalam bentuk Surat Pakta Integritas PTK bermaterai serta ditanda tangani PTK ybs mengetahui Kepala Madrasah.

Demikian info seputar NUPTK terbaru khusus untuk PTK dibawah naungan Kementerian Agama yakni di madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah. Terima kasih atas kunjungan Anda. Anda telah membaca artikel NUPTK di Kementerian Agama.

==============================================================================================
sumber : admin sekolah PADAMU di MAN Pemalang 
penulis : indaka
==============================================================================================



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

SOAL UKG ON LINE ASPEK AKADEMIS Created by INDAKA

SOAL UJI KOMPETENSI GURU ASPEK PEDAGOGIS oleh INDAKA